Manajemen Organisasi (Pembahasan Lengkap)
Seiring berjalannya waktu kita sudah memasuki era informasi, dimana kita bisa dengan mudah mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan melalui internet. Tak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut pula yang "mengilhami" kami untuk membuat sebuah wadah guna menampung berbagai informasi yang kami anggap penting terutama untuk para siswa yang saat ini menjalani proses belajar mengajar secara online serta untuk umum. Maka terbentuklah situs Pembahasan Lengkap.
Penjelasan Lengkap Manajemen Organisasi
Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Manajemen Organisasi? Mungkin anda pernah mendengar kata Manajemen Organisasi? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, fungsi, tujuan serta contohnya. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.
Pengertian Manajemen Organisasi
Manajemen organisasi ialah prosedur pengelolaan, perancangan, menjalankan dan mengoperasikan sumber daya dalam suatu organisasi ataupun objek dengan tujuan keutuhan untuk menggapai tujuan. Manajemen organisasi tersebut sebagai prosedur terusan dari sesudah prosedur pemutusan program untuk menggapai visi dan misi organisasi.
Fungsi Manajemen Organisasi
Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari manajemen organisasi, yakni sebagai berikut:
-
Perencanaan
Berfungsi untuk menyusun bisnis yang efisien. Kondisi tersebut sangat bernilai untuk memutuskan metode, supaya bebas dari kekhawatiran di kemudian hari.
-
Pengorganisasian
Pengorganisasian membentuk pada prosedur pemakaian sumber daya supaya dalam penerapan dapat terstruktur dengan baik sehingga tidak berlangsugn kekacauan terutama dalam pengorganisasian.
-
Kepegawaian
Suatu manajemen organisasi yang rendah bisa mengakibatkan pegawai tidak ceria yang berdampak pada pembentukan problem bagi diri sendiri maupun organisasi.
-
Pemimpin
Fungsi pemimpin dalam sebuah manajemen organisasi ialah memastikan tujuan yang positif bagi para anggota tim.
-
Kontrol
Pemimpin merupakan pejabat wewenang pengambilan keputusan, maka harus dapat mengerti apa yang berlangsung di sekelilingnya.
-
Manajemen Waktu
Dengan terdapatnya manajemen waktu yang efisien dalam sebuah organisasi, mesti dapat membantu pegawai untuk melaksanakan keadaan yang benar pada waktu yang akurat.
-
Motivasi
Fungsi motivasi dalam sebuah manajemen organisasi ialah dengan menyanjung pekerjaan yang baik dari pegawai dengan membagian motivasi.
Tujuan Manajemen Organisasi
Tujuan manajemen organisasi ialah untuk menyampaikan rasa bahagian dan kesatuan bagi para pegawai, sehingga dalam kemampuannya dapat lebih efisien terutama saat melaksanakan mengoperasikan ke beragam macam biro.
Peranan Manajemen Dalam Organisasi
Berikut adalah peranan manajemen dalam organisasi diantaranya yaitu sebagi berikut:
1. Peran Interpersonal.
Peran Interpersonal merupakan hubungan antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya, meliputi:
- Figurehead (Pemimpin Simbol ): Sebagai simbol dalam acara-acara perusahaan.
- Leader (Pemimpin ): Menjadi pemimpin yag memberi motivasi para karyawan / bawahan serta mengatasi permasalahan yang muncul.
- Liaison ( Penghubung) : Menjadi penghubung dengan pihak internal maupun eksternal.
2. Peran Informasi
Peran Informasi merupakan peran dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar organisasi, meliputi :
- Monitor ( Pemantau) : Mengawasi, memantau, mengikuti, mengumpulkan dan merekam kejadian atau peristiwa yang terjadi baik didapat secara langsung maupun tidak langsung.
- Disseminator (Penyebar ): Menyebar informasi yang didapat kepada para orang-orang dalam organisasi.
- Spokeperson (Juru Bicara) : Mewakili unit yang dipimpinnya kepada pihak luar.
3. Peran Pengambil Keputusan.
Peran Pengambil Keputusan merupakan suatu hal dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain, meliputi :
- Entrepreneur ( Kewirausahaan ): Membuat ide dan kreasi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja unit kerja.
- Disturbance Handler (Penyelesai Permasalahan) : Mencari jalan keluar dan solusi terbaik dari setiap persoalan yang timbul.
- Resource Allicator ( Pengalokasi Sumber Daya) : Menentukan siapa yang menerima sumber daya serta besar sumber dayanya.
- Negotiator (Negosiator ): Melakukan negosiasi dengan pihak dalam dan luar untuk kepentingan unit kerja atau perusahaan.
Contoh Manajemen Organisasi
Berikut ini terdapat salah satu contoh manajemen organisasi, yakni sebagai berikut
-
Manajemen Organisasi dalam Perusahaan
Salah satu contoh yang sepenuhnya umum kita jumpai ialah organisasi dalam perusahaan. Perusahaan pastinya sangat memerlukan yang namanya manajemen organisasi. Kondisi tersebut di karena kan, supaya perusahaan tersebut dapat beralih dengan lancar dan pastinya supaya sampai pada tujuan akhirnya yakni visi. Semua perusahaan pasti melaksanakan management dalam organisasinya dan management tersebut pastinya menurut pada visi yang sudah dipastikan oleh semua populasi organisasi tersebut.
Maka tidak asing apabila anda sebagai seseorang manager perusahaan dan anda membutuhan perusahaan tersebut maju, maka yang pertama harus anda lakukan ialah manajemen kerja dari para pegawai anda. Itulah yang memastikan kesuksesan dalam menggapai visi dan misi dari perusahaan tersebut.
Demikian Penjelasan Materi Tentang Manajemen Organisasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan Serta Contohnya
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi & Mahasiswa
The post Manajemen Organisasi first appeared on PAKDOSEN.CO.ID.
ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Comments
Post a Comment